Berdasarkan Peraturan Bupati Nomor 27 Tahun 2016 pada pasal 4, Sekretaris DPRD kabupaten Bengkulu Selatan mempunyai Tugas dan Fungsi sebagai berikut :

  • Sekretaris DPRD mempunyai tugas pokok menyelenggarakan administrasi kesekretariatan dan keuangan, mendukung pelaksanaan tugas dan fungsi DPRD, serta menyediakan dan mengoordinasikan tenaga ahli yang diperlukan oleh DPRD Kabupaten dalam melaksanakan hak dan fungsinya sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan keuangan daerah;
  • Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Sekretaris DPRD menyelenggarakan fungsi:
    1. penetapan kebijakan teknis penyelenggaraan pemerintah di bidang kesatuan bangsa dan politik;
    2. penyelenggaraan administrasi kesekretariatan DPRD;
    3. penyelenggaraan administrasi keuangan DPRD;
    4. fasilitasi penyelenggaraan rapat DPRD;
    5. penyediaan dan pengoordinasian tenaga ahli yang diperlukan oleh DPRD;
    6. pembinaan Kelompok Jabatan Fungsional; dan
    7. Pelaksanaan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan.