Sub Bagian Perundang-Undangan dan Persidangan Sekretariat DPRD Bengkulu Selatan

Dalam pelaksanaan tugasnya sehari-hari, berdasarkan Peraturan Bupati Nomor 27 Tahun 2016  tentang “Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas Dan Fungsi, Serta Tata Kerja Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Bengkulu Selatan”, maka Kepala Bagian Perundang-undangan dan Persidangan Sekretariat DPRD Bengkulu Selatan sebagaimana yang tercantum pda Pasal 10 bahwa Kepala Bagian Perundang-undangan dan Persidangan  membawahi Kepala Sub Bagian Perundang-undangan dan Legislasi Dan Kepala Sub Bagian Humas dan Protokol.

A. Kepala Sub Bagian Perundang-undangan dan Legislasi

  • Kepala Sub Bagian Perundang-undangan dan Legislasi merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi serta melakukan koordinasi bidang Perundang-undangan dan Legislasi.
  • Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Kepala Sub Bagian Perundang-undangan dan Legislasi menyelenggarakan fungsi :
  1. menyusun rencana kerja Sub Bagian Perundang – Undangan dan Legislasi berdasarkan rencana kerja tahun lalu dan tahun yang sedang berjalan;
  2. melaksanakan kajian perundang-undangan;
  3. membuat konsep bahan penyusunan Naskah Akademik;
  4. menyusun bahan analisis produk penyusunan perundang-undangan;
  5. membuat konsep bahan penyiapan Draf Perda inisiatif
  6. merancang bahan pembahasan Perda;
  7. memonitor proses pembahasan Raperda yang dilakukan oleh DPRD dan Pemda;
  8. mempersiapkan bahan-bahan dalam rangka pengesahan peraturan daerah;
  9. menyusun dan memelihara semua berkas pembuatan dan pengesahan semua peraturan daerah;
  10. mempersiapkan bahan-bahan dalam rangka memberikan persetujuan atas surat perjanjian antara pemerintah Daerah dan pihak ketiga;
  11. meneliti serta mempersiapkan surat – surat keputusan rapat yang di selenggarakan DPRD;
  12. menyusun bahan Daftar Inventarisir Masalah (DIM)
  13. melayani pihak-pihak yang memerlukan informasi;
  14. mendokumentasikan semua hasil rapat, kunjungan kerja dan kegiatan lainnya serta produk hukum DPRD;
  15. mempersiapkan laporan sub bagian perundang-undangan dan legislasi sebagai informasi dan pertanggung jawaban kepada atasan;
  16. menilai hasil kerja bawahan dengan cara mencocokan dengan petunjuk kerja dan ketentuan yang berlaku agar tercapai kebenaran hasil kerja;
  17. melaksanakan tugas kedinasan lain yang di berikan atasan.

B. Kepala Sub Bagian Humas dan Protokol

  • Kepala Sub Bagian Persidangan, Humas dan Protokol mempunyai tugas merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi serta melakukan koordinasi kegiatan Persidangan, Humas dan Protokol.
  • Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Kepala Sub Sub Bagian Persidangan, Humas dan Protokol menyelenggarakan fungsi:
  1. menyusun rencana kerja Sub Bagian Persidangan, Humas dan Protokol berdasarkan rencana kerja tahun lalu dan tahun yang sedang berjalan;
  2. merencanakan program, jadwal rapat dan sidang DPRD;
  3. menyiapkan materi / bahan rapat DPRD dan naskah pidato rapat paripurna;
  4. memfasilitasi rapat-rapat DPRD termasuk menyiapkan daftar hadir dan notulis setiap rapat DPRD;
  5. menyusun risalah, notulen dan catatan rapat-rapat, serta menyiapkan pita rekaman hasil rapat;
  6. merencanakan kegiatan DPRD;
  7. menyiapkan bahan penyusunan rancangan Rencana Kerja DPRD;
  8. mempersiapkan bahan-bahan dalam rangka upacara dan pertemuan-pertemuan lain yang diselengarahkan oleh DPRD;
  9. mempersiapkan dan mengatur acara pelantikan anggota DPRD, pimpinan DPRD dan alat kelengkapan DPRD;
  10. mempersiapkan dan melayani penyambutan tamu, baik tamu negara maupun tamu daerah, serta berkoordinasi dengan bagian lain sehubungan dengan kegiatan untuk acara tamu tersebut;
  11. mempersiapkan personil MC dan tata tertib/susunan acara setiap sidang DPRD;
  12. mengatur tata tempat rapat yang diadakan DPRD bersama-sama dengan bagian lain yang ada hubungan kerja;
  13. mengatur dan mengawasi pegawai yang diperbantukan kepada kegiatan komisi DPRD;
  14. mengatur Administrasi produk – produk DPRD yang memerlukan pengesahan;
  15. mempersiapkan bahan-bahan dalam rangka penyampaian masalah yang telah di rangkumkan pembahasannya oleh DPRD kepada pemerintah daerah untuk dapat penyelesaian lebih lanjut;
  16. mendokumentasikan semua hasil kegiatan rapat DPRD dan memelihara arsip arsip Bagian Persidangan;
  17. menyusun bahan komunikasi dan publikasi;
  18. menyusun dan menjadwalkan kunjungan kerja pimpinan dan anggota DPRD;
  19. menyusun bahan keprotokolan pimpinan DPRD;
  20. merencanakan keprotokolan pimpinan DPRD;
  21. pengadministrasian kunjungan kerja pimpinan dan anggota DPRD;
  22. mempersiapkan bahan-bahan dalam rangka pembinaan dan pengembangan sistem jaringan dokumentasi;
  23. mempersiapkan laporan sub bagian persidangan, humas dan protokol sebagai informasi dan pertanggung  jawaban kepada atasan;
  24.  melaksanakan tugas kedinasan lain yang di berikan atasan.
error: