Dua Agenda Sidang Paripurna 25 Agustus 2017

Jum’at  25 Agustus 2017, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Bengkulu Selatan (BS) kembali mengadakan rapat paripurna dengan  dua agenda rapat. Agenda pertama  “ Pengambilan Keputusan Bersama Bupati dan DPRD Kabupaten Bengkulu Selatan Terhadap Rancangan Peraturan Daerah Tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Kabupaten Bengkulu Selatan Tahun Anggaran 2016” dan agenda kedua “Pengambilan Keputusan DPRD Kabupaten Bengkulu Selatan Terhadap Rancangan Peraturan Daerah  Tentang Hak Keuangan dan Administratif Pimpinan dan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Bengkulu Selatan’.

Sidang dihadiri Wakil Bupati BS, Gusnan Mulyadi, pimpinan serta anggota DPRD BS ,undangan dari unsur FKPD dan pejabat eselon II / III yang ada di pemerintah daerah BS.

Pada paripurna pertama  Ketua Komisi II DPRD BS , Faisal Mardianto SH, membacakan laporan komisi II DPRD kabupaten Bengkulu Selatan dalam rangka pembahasan hasil evaluasi Gubernur Bengkulu terhadap rancangan peraturan daerah kabupaten Bengkulu Selatan tentang pertangungjawaban pelaksanaan anggaran pendapatan dan belanja daerah tahun anggaran 2016

“Adapun maksud  kami membuat laporan ini adalah untuk memberikan gambaran kepada seluruh anggota DPRD BS tentang hasil pembahasan komisi II dan pemerintah daerah, tentang rancangan peraturan daerah tentang  pertanggungjawaban pelaksanaan anggaran pendapatan dan belanja daerah tahun anggaran 2016 terhadap evaluasi dari gubernur Bengkulu. Sedangkan tujuannya adalah penyampaian hasil kerja komisi II DPRD dan pemerintah daerah  atas rancangan peraturan daerah kabupaten BS tentang pertanggungjawaban pelaksanaan anggaran pendapatan dan belanja daerah tahun anggaran 2016 terhadap evaluasi dari gubernur Bengkulu”, ujar Faisal Mardianto.

Kesimpulan yang didapatkan dari hasil pembahasan yang ada adalah secara konstruksi yuridis, muatan materi maupun sistematika penyusunannya telah sesuai dengan peraturan secara politis telah mendapat dukungan dari ke tujuh fraksi DPRD kabupaten Bengkulu Selatan untuk ditetapkan menjadi peraturan daerah. Kemudian komisi II juga menyampaikan saran agar DPRD kabupaten Bengkulu Selatan dapat menyetujui rancangan peraturan daerah tentang pertanggungjawaban pelaksanaan anggaran pendapatan dan belanja daerah tahun anggaran 2016 untuk ditetapkan menjadi peraturan daerah.

Wakil Bupati dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada pimpinan dan anggota DPRD atas kerjasama yang terjalin selama ini hingga akhirnya telah sampai pada tahap akhir dari seluruh rangkaian pembahasan yang relatif cukup panjang dan bisa mengambil keputusan bersama Bupati dan DPRD BS terhadap rancangan peraturan daerah tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD kabupaten Bengkulu Selatan.

Pada paripurna yang kedua kembali Ketua Komisi II Faisal Mardianto SH yang menjadi juru bicara mewakili gabungan komisi DPRD BS. Dalam  agenda yang membahas rancangan peraturan daerah  tentang hak keuangan dan administratif pimpinan dan anggota dewan perwakilan rakyat daerah kabupaten Bengkulu Selatan ini Faisal Mardianto mengatakan berdasarkan hasil pembahasan gabungan komisi DPRD BS  dan pihak eksekutif serta pendapat fraksi-fraksi DPRD BS terhadap rancangan peraturan daerah kabupaten Bengkulu Selatan tentang hak keuangan dan administratif pimpinan dan anggota dewan perwakilan rakyat daerah kabupaten Bengkulu Selatan yang telah diuraikan, dapat disimpulkan  bahwa secara konstruksi yuridis, muatan materi,   maupun sistematika penyusunannya telah sesuai dengan peraturan perundangan – undangan yang berlaku dan secara politis telah mendapat dukungan dari fraksi-fraksi dprd kabupaten bengkulu selatan. Sehubungan dengan apa yang telah  disebutkan dalam kesimpulan diatas, maka agar kiranya DPRD BS dapat menyetujui rancangan peraturan daerah kabupaten Bengkulu Selatan tentang hak keuangan dan administratif pimpinan dan anggota dewan perwakilan rakyat daerah kabupaten Bengkulu Selatan untuk ditetapkan menjadi peraturan daerah kabupaten Bengkulu Selatan.

Paripurna ditutup dengan penanda-tanganan keputusan bersama Bupati dalam hal ini diwakilkan oleh Wakil Bupati dan DPRD kabupaten Bengkulu Selatan.

error: