KPU BS – Debat Publik, 4 Paslon Bupati Saling ‘’Serang’’

PASAR MANNA – Debat publik calon bupati dan wakil bupati Kabupaten Bengkulu Selatan (BS) dengan tema pembangunan ekonomi pertanian dan perikanan yang berkelanjutan di Gedung Pemuda Sabtu malam (7/11) berjalan lancar.

Ada enam segmen debat publik yang dipandu moderator Irfan Riza, SE, M.St, MA. Pada segmen 4 dan 5, paslon diberi kesempatan untuk menyerang lawan dengan pertanyaan terkait visi, misi dan program.

Pada segmen 4, masing-masing paslon bertanya pada lawannya sesuai dengan hasil pengundian. Moderator memberikan waktu 1 menit untuk bertanya dan 2 menit untuk menjawab. Kesempatan pertama diberikan pada paslon nomor urut 3 Dirwan Mahmud-Gusnan untuk bertanya kepada nomor urut 2 Reskan Effendi-Rini Susanti.

Pasangan nomor urut 3 yang mempertanyakan angka kemiskinan Kabupaten BS nomor 2 se Provinsi Bengkulu dan program jalan dua jalur semasa kepemimpinan Reskan Efendi sebagai bupati membuat suasana sedikit tegang. Mendapat pertanyaan tersebut cabup nomor urut 2 membantah angka kemiskinan tersebut.

Menurutnya, dibandingkan kabupaten tetangga, BS cukup makmur. Sedangkan program jalan dua jalur sangat pantas untuk dilaksanakan untuk menunjang sektor jasa. Selain itu selama 5 tahun anggaran dialokasikan hanya Rp 63 miliar untuk penataan kota. Sedangkan pembangunan di pedesaan selama lima tahun mencapai Rp 1 trilyun lebih.

Kemudian nomor urut 2 diberi kesempatan bertanya kepada paslon nomor urut 4 Ramlan Saim-Aprizal Zupi. Nomor urut 4 bertanya kepada nomor urut 1 dan nomor urut 1 bertanya kepada nomor urut 3.

Selanjutnya segmen kelima para paslon kembali diberi kesempatan untuk bertanya kepada lawannya. Namun pada sesi ini paslon yang bertanya bisa langsung menanggapi ataupun mematahkan jawaban dari lawannya tersebut.

Pada segmen ini kesempatan pertama untuk bertanya dan menanggapi diberikan kepada paslon nomor urut 2 ke nomor urut 4. Pasangan nomor urut 1 bertanya kepada nomor urut 3. Kemudian nomor urut 4 bertanya kepada nomor urut 2 dan terakhir nomor urut 3 bertanya kepada nomor urut 1.

Pantauan RB, selama segmen debat publik berjalan lancar. Yakni dimulai dengan penyampaian profil, visi dan misi paslon, penajaman visi dan misi selama dua menit untuk setiap paslon, segmen babak pertanyaam, segmen bertanya sekaligus menanggapi, dan segmen penutup.

Masing-masing paslon berjanji akan membangun BS dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat BS dengan visi, misi dan melalui program yang sudah mereka susun.

Debat publik dimulai pukul 20.00 WIB dan berakhir 22.00 WIB dengan penjagaan ketat dari Polres BS dan Kodim 0408 BS. Ikut hadir pada acara debat publik yang digelar KPU BS yaitu unusr FKPD, Panwaslu BS, SKPD, dan tim pendukung paslon.

Sumber : bengkuluekspress.com

error: